You Are Reading

0

[Fakta] Seputar Mata Manusia

Febio Selasa, 14 Desember 2010 ,
Semenjak jarang melakukan update dan berselancar di dunia blog, ranking InfoKabayan mengalami penurunan drastis. Sekarang penulis mencoba untuk memperbarui isi dari blog tercinta ini. Kali datang dari indra penglihatan kita yakni mata. Mungkin banyak yang belum mengetahui fakta-fakta unik seputar mata manusia. Untuk itu InfoKabayan akan menampilkannya untuk Anda semua. Berikut fakta-fakta unik mengenai mata:

1. Setiap Manusia Pasti Membutuhkan Kacamata di Masa Tua

Mungkin banyak yang menentang hal ini, banyak orang yang masih dapat melihat dengan jelas saat beranjak dewasa(20-40 tahun). Lantas apakah berarti mereka tidak membutuhkan kacamata? Tentu saja masih butuh. Penelitian yang pernah dilakukan mendapatkan hasil bahwa manusia mulai dari umur 43-50 tahun akan mulai bergantung dengan kacamata saat melihat. Kenapa bisa begitu? Dikarenakan lensa mata secara perlahan akan kehilangan kemampuannya untuk berakomodasi secara maksimum seiring bertambahnya umur manusia tersebut. 

2. Lensa Tercepat Adalah Lensa Mata Kita
Pernyataan tersebut mungkin dapat kita terima. Bagaiamana tidak, lensa mata kita mampu menjaga fokus dengan sempurna saat kita memindahkan  pandangan kita. Bandingkan dengan lensa kamera yang butuh waktu untuk menyesuailkan fokusnya kembali.

3. Perkembangan Mata Kita Hanya Butuh 7 Tahun


4. Jumlah Kedipan Pada Mata
Apakah Anda pernah menghitung jumlah kedipan pada mata Anda seharian penuh? Tentu sulit untuk melakukannya. Namun sekarang kita tidak perlu melakukannya untuk mengetahui jumlah kedipan tersebut. Penelitian menyebutkan bahwa mata kita berkedip 15 ribu kali dalam satu hari.

5. Katarak Mata
Merasa aman dari katarak yang menyerang mata? Jangan harap. Hal ini disebabkan saat tua nanti katarak pasti menyerang mata kita ini. Kalau begitu di saat umur berapa? Katarak akan muncul pada saat kita merumur sekitar 70-80 tahun. Katarak yang menyerang orang tua ini bisa disamakan dengan rambut yang menjadi putih saat kita tua. Artinya sudah pasti kita akan terjangkit katarak.

6. Diabetes Dapat Diketahui Melalui Tes Mata

7. Kita Tidak Melihat Dengan Mata
Bingung dengan pernyataan di atas? Penulis blog ini sebenarnya juga tidak percaya dengan hal ini. Namun ternyata mata hanya mengumpulkan informasi yang didapat dan kemudian dikirim ke otak melalui saraf optik yang kemudian dianalasis oleh otak sehingga kita dapat melihat objek.

8. Mata Dapat Beradaptasi Dengan Titik Buta Pada Penglihatan Anda

9. Mata Sebenarnya Berair Saat Anda Mengiranya Kering
Air mata terbagi menjadi tiga komponen yaitu air, lemak dan lendir. Jika ketiga komponen tersebut tidak seimbang jumlahnya maka mata anda menjadi kering. Sehingga otak akan memerintahkan untuk memproduksi air tambahan.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 InfoKabayan