You Are Reading

0

Simbol Farmasi (Dari cawan-ular hingga Rx)

Febio Senin, 24 Februari 2014 , ,








Sejujurnya dulu saat pertama kali melihat simbol farmasi, saya juga tidak tahu apa-apa mengenai latar belakang dari simbol tersebut. Rasa penasaran yang tidak diikuti usaha untuk mencari tahu sendiri akhirnya berakhir akibat adanya tugas dari mata kuliah PIF untuk mencari tahu tentang simbol-simbol tersebut. Berikut penjelasan singkat tentang simbol-simbol tersebut:

1. Cawan dan Ular

Logo paling terkenal di dunia farmasi. Cawan tersebut adalah Bowl of Hygeia. Hygeia ( dewi kebersihan) sendiri merupakan anak perempuan dari Aesculapius (disebut juga sebagai dewa penyembuhan dalam mitologi Yunani). Aesculapius sendiri memiliki tongkat yang dijadikan sebagai simbol kedokteran (Rod of Aesculapius). Ular tersebut menggambarkan suatu  kebijaksanaan (Serpent of Wisdom). Kebijaksanaan disini jika dikaitkan dengan penggunaan obat yaitu dapat digunakan untuk menyembuhkan atau meracuni seseorang. Kebijaksanaan itulah yang dapat menentukannya.

2. Adukan dan Penumbuk

Bahasa kerennya itu Mortar and Pestle. Simbol ini menggambarkan profesi seorang farmasis sangat erat dengan penggunaan kedua alat tersebut. Kedua alat tersebut digunakan saat meracik atau membuat obat pada jaman dahulu.

3. Rx

Dua huruf ini memiliki arti medical prescription atau resep obat. Hubungan dengan resep obat adalah simbol Rx ini selalu ada di awal suatu resep obat.


Oke, itulah penjelasan singkat dari simbol simbol di dunia farmasi. Mohon maaf kalau ada informasi yang kurang tepat karena dibuat berdasarkan ingatan penulis.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 InfoKabayan