You Are Reading

0

Shorcut Keyboard Pada Linux

Febio Selasa, 27 Juli 2010
 Sambungan dari cerita Kabayan yang ini

"Eh ternyata ada lanjutannya lho" kata Kabayan
"Lanjutannya tentang apa?" kata teman dekat Kabayan itu.
"Tentang shorcut juga tapi ini beda" terang Kabayan
"Beda gimana?" tanyanya
"Ini tentang shorcut keyboard untuk linux" jawab Kabayan

Rangkuman artikel yang dibaca Kabayan adalah sebagai berikut:


Selain pada Windows, shorcut keyboard dapat kita temukan pada sistem operasi Linux. Walau Linux penggunanya lebih sedikit dibandingkan Windows, tidak salah bila kita mengetahui shorcut keyboardnya. Berikut beberapa shorcut keyboard berserta fungsinya:

Ctrl+Alt+F1
Beralih ke terminal virtual pertama. Di Linux, Anda dapat memiliki beberapa virtual terminal pada waktu yang sama. Default adalah 6.

Ctrl+Alt+Fn
Beralih ke-n virtual terminal. Karena jumlah terminal virtual adalah 6 secara default, n = 1 ... 6.

tty
Mengetik perintah tty memberitahu anda apa terminal virtual Anda saat ini bekerja masuk

Ctrl+Alt+F7
Beralih ke GUI. Jika Anda memiliki X Window System berjalan, ia berjalan di terminal virtual ketujuh secara default di sebagian besar distro Linux. Jika X tidak aktif, terminal ini kosong.
Catatan: di beberapa distro, X dijalankan di dalam terminal virtual yang berbeda secara default. Sebagai contoh, di Puppy Linux, it's 3.



Ctrl+Alt
Beralih ke resolusi berikutnya pada X Window System. Ini berfungsi jika anda telah dikonfigurasi lebih dari satu resolusi untuk X server. Perhatikan bahwa anda harus menggunakan Numpad Anda.

Ctrl+Alt --
Beralih ke resolusi X sebelumnya. Gunakan - Numpad Anda.

MiddleMouseButton
Tempel teks yang disorot. Anda dapat menyorot teks dengan tombol kiri mouse Anda (atau dengan metode menyoroti lain, tergantung pada aplikasi yang anda gunakan), kemudian tekan tombol tengah mouse untuk paste. Ini adalah cara tradisional menyalin dan menyisipkan di X Window System, tetapi tidak dapat berfungsi dalam beberapa aplikasi X yang memerlukannya.

Jika Anda memiliki dua tombol mouse, menekan tombol kedua pada saat yang sama memiliki efek yang sama dengan menekan tombol tengah. Jika tidak, Anda harus mengaktifkan 3-emulasi tombol mouse.

Ini juga bekerja di terminal teks jika Anda mengaktifkan layanan gpm.

Ctrl+Alt+Backspace
Membunuh X server. Gunakan ini jika X crash dan Anda tidak dapat keluar seperrti biasanya. Jika Anda telah mengkonfigurasi X Window System untuk memulai secara otomatis saat boot, ini me-restart server dan melemparkan Anda kembali ke layar login grafis.



Home atau Ctrl+A
Pindahkan kursor ke awal baris.

End atau Ctrl+e
Pindahkan kursor ke akhir baris saat ini.

Alt+b
Pindahkan kursor ke awal saat ini atau kata sebelumnya. Perhatikan bahwa sementara ini bekerja di virtual terminal, hal itu mungkin tidak bekerja di semua emulator terminal grafis, karena banyak aplikasi grafis yang sudah menggunakan ini sebagai cara pintas menu secara default.

Alt+f
Pindahkan kursor ke akhir kata berikutnya. Sekali lagi, seperti dengan semua jalan pintas yang menggunakan Alt sebagai pengubah, ini mungkin tidak bekerja di semua emulator terminal grafis.

Tab
Autocomplete perintah dan nama file. Ketik huruf pertama (s) dari suatu perintah, direktori atau nama file, tekan Tab dan sisanya selesai secara otomatis! Jika terdapat lebih perintah dimulai dengan huruf yang sama, shell menyelesaikan sebanyak yang ia bisa dan berbunyi 'bip'. Jika Anda kemudian tekan Tab lagi, ia memperlihatkan kepada Anda semua alternatif.

Jalan pintas ini sangat membantu dan menghemat waktu untuk mengetik! Bahkan bekerja di lilo prompt dan dalam beberapa aplikasi X.

Ctrl+u
Hapus baris saat ini.

Ctrl+k
Hapus baris dari posisi kursor ke akhir baris.

Ctrl+w
Menghapus kata sebelum kursor.




Shift+PageUp
Output terminal Gulir ke atas.

Shift+PageDown
Output terminal gulir ke bawah.

clear
Perintah yang jelas membersihkan semua perintah dijalankan sebelumnya dan output dari terminal saat ini.

Ctrl+L
Persis sama dengan mengetikkan perintah yang diatas.

Reset
Jika Anda mengacaukan terminal anda, gunakan perintah reset. Sebagai contoh, jika Anda mencoba untuk kucing file biner, terminal mulai menunjukkan karakter aneh. Perhatikan bahwa Anda mungkin tidak dapat melihat perintah saat Anda mengetik itu.


History
Ketika Anda mengetik perintah History, Anda akan melihat daftar perintah yang dijalankan sebelumnya.

ArrowUp atau Ctrl+p
Gulir ke atas dalam sejarah dan mengedit perintah dijalankan sebelumnya. Untuk mengeksekusi mereka, tekan Enter seperti biasa Anda lakukan.

ArrowDown atau Ctrl+n
Gulir ke bawah dalam sejarah dan mengedit perintah berikutnya.

Ctrl+r
Carilah perintah terakhir yang berisi surat-surat Anda mengetik. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengetahui tindakan terakhir Anda lakukan untuk sebuah file yang bernama "file42.txt", Anda akan tekan Ctrl r dan mulai mengetik nama file. Atau, jika Anda ingin mengetahui parameter terakhir yang Anda berikan kepada "cp" perintah, Anda akan tekan Ctrl r dan ketik "cp".



Ctrl+c
Membunuh(menutup mungkin arti sebenarnya adala proses yang sedang terjadi.

Ctrl+z
Kirim proses saat ini ke latar belakang. Ini berguna jika Anda memiliki sebuah program berjalan, dan Anda memerlukan terminal untuk sementara tetapi tidak ingin untuk keluar dari program ini sepenuhnya. Kemudian kirimkan ke latar belakang dengan Ctrl+z, melakukan apa pun yang Anda inginkan, dan ketik perintah fg proses untuk mendapatkan kembali.

Ctrl+d
Log out dari terminal saat ini. Jika Anda menggunakan ini dalam sebuah terminal emulator di X, hal ini biasanya menutup ke terminal emulator setelah log Anda.

Ctrl+Alt+Del
Reboot sistem. Anda dapat mengubah perilaku ini dengan mengedit / etc / inittab jika Anda ingin sistem untuk menutup bukan reboot.



SUMBER : kaskus

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 InfoKabayan