You Are Reading

0

[Sharing] Selusin Cara Alami Musnahkan Kantuk

Febio Minggu, 16 Januari 2011 ,
Minum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk secara instan. Mungkin hal ini sudah menjadi cara lama namun dianggap efektif. Namun sebenarnya efek kafein yang terdapat dari dalam kopi sebenarnya menjadikan Anda selalu tergantung dengan kopi yang dapat merugikan diri sendiri. Anda akan kehilangan waktu tidur akibat selalu mengkomsumsi kopi ataupun kualitas tidur Anda berkurang. Bagaimana solusinya? Cara Alami mungkin solusi yang terbaik untuk menghilangkan rasa kantuk dan terhindar dari ketergantungan terhada kafein. Berikut cara-cara yang simpel namun baik untuk kesehatan kita dalam membunuh kantuk khusus Anda yang sering bekerja hingga larut malam.

1. Bergeraklah. jika merasa kantuk telah menjangkiti Anda cobalah untuk berjalan-jalan terlebih dahulu seperti berjalan-jalan sejenak sekitar 10-15 menit. Mengapa harus bergerak? Itu dikarenakan oksigen akan dipompa melalui pembuluh darah menuju ke otak dan otot kita. Kemudian menyebabkan kita merasa segar kembali. Cara ini efektif untuk 2 jam kemudian.

2. Alihkan mata Anda dari tugas kerja Anda sejenak. Khususnya jika Anda menggunakan komputer. Ini demi menjaga mata akan rileks kembali.

3. Jika mau Anda bisa mengerjakan tugas Anda sambil makan cemilan. Perlu diingat cemilan disini adalah makanan kecil namun dapat mengisi tenaga/energi Anda kembali.

4. Cara ini jika Anda bekerja tidak sendirian. Mengobrol dengan teman adalah hal yang bagus. Sehingga pikiran Anda tidak sepenuhnya jenuh. 

5. Beristirahat sejenak untuk menarik napas sekitar 10 kali.

6. Ruang kerja sebaiknya memiliki pencahayaan yang baik. Ruangan yang terang lebih baik dikarenakan dapat mengurangi rasa kantuk dibanding dengan ruangan redup.

7. Mendengar musik favorit Anda mungkin dapat mengurangi rasa kantuk Anda. Agar lebih efektif bernyanyilah juga mengikuti musik tersebut.

8. Jika Anda memiliki lebih dari satu tugas yang harus dikerjakan. Ada baiknya selang beberapa waktu Anda beralih ke tugas yang lain. Walau dapat mengurangi efektivitas, cara ini mampu mengurangi rasa jenuh yang dapat menyebabkan kantuk.

9. Selain makan cemilan yang twlah dijelaskan sebelumnya, makan buah-buahan yang mengandung kadar air yang tinggi ditambah minum air yang cukup dapat membantu Anda menahan rasa kantuk.

10. Jika memungkinkan, sebelum Anda mengerjakan tugas Anda pada malam hari usahan Anda untuk tidur siang terlebih dahulu sekitar 30 menit.

11. Jika Anda bisa melakukan nomor 10, usahan untuk tidur di bawah sinar matahari alami sambil menghirup udara yang segar

12. Meningkatkan energi dengan cara berolahraga. Olahraga memang dapat meningkatkan energi sehingga Anda dapat bekerja lebih lama pada saat malam hari serta tahan lama dari serangan rasa kantuk.

Semoga bermanfaat.....

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 InfoKabayan