You Are Reading

0

[Asal Usul] Nama Bulan Dalam Penanggalan Masehi

Febio Minggu, 15 Agustus 2010
Januari

Dari nama dewa bangsa Roma yang berwajah dua, Janus. Satu menghadap depan dan satunya menghadap belakang, sebagai pelambang tatapan masa lalu dan pandangan masa datang. Janus menjadi Januari, yang dijadikan bulan perenung antara tahun lalu dan tahun baru.

Februari

Dari kata latian Februa, isitilah pesta penyucian yang diselenggarkan tiap 15 FEbruari oleh bangsa Romawi Kuno.

Maret
Dari nama Dewa PErang bangsa Romawi Kuno, yaitu Mars, yang terkenal karena keberaniannya.

April 

Dari bahasa Yunani, Aperire yang berarti membuka. Orang Yunani menyebut musim semi yang dimulai bulan April dengan istilah 'pembukaan'.


 Mei

Berasal dari istilah Maia Majesta, yaitu Dewa Musim Semi.


Juni

Berasal dari Juno, nama Dewi Feminin yang melambangkan harkat kewanitaan yang membawa kebahagian keluarga. Dikarenakan itu, orang Eropa lenih memilih menikah pada bulan Juni yang akan membawa kebahagian.

Juli

Awalnya bernama Quintilis dan diurutan lima. Setelah Mark Anthony menguasai Roma, nama bulan diganti menjadi Juli yang diambil dari nama Julius Caesar.

Agustus

Berasal dari nama kaisar Romawi, Agustus. Demi kekuasaannya, ia mengubah jumlah haripada bulannya dan mengurangi jumlah hari bulan Februari.


September

Berasal dari kata Septa, bahasa Latin yang berarti tujuh yang sesuai urutannya. ( Pada abad kedelapan SM, 1 tahun Masehi baru berjumlah 12 bulan yang sebelumnya berjumlah 10 bulan.)

Oktober

Dari bahasa Latin, Okto. Okto berarti delapan sesuai dengan urutannya awalnya.( Pada abad kedelapan SM, 1 tahun Masehi baru berjumlah 12 bulan yang sebelumnya berjumlah 10 bulan.)


November

Dari bahasa Latin, Novem yang berarti sembilan.( Pada abad kedelapan SM, 1 tahun Masehi baru berjumlah 12 bulan yang sebelumnya berjumlah 10 bulan.)

Desember

Dari bahasa Latin, Decem yang berarti kesepuluh.( Pada abad kedelapan SM, 1 tahun Masehi baru berjumlah 12 bulan yang sebelumnya berjumlah 10 bulan.)

Semoga bermanfaat

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 InfoKabayan