You Are Reading

1

[Asal Usul] Pasta Gigi Pertama Ada Di Mesir Kuno

Febio Jumat, 24 September 2010
Sambil berjalan kaki menuju rumahnya, Kabayan terus mengingat materi pelajaran yang baru ia dapat dari gurunya. Walau materi tersebut sedikit, Kabayan tetap berusaha mengingatnya. Mungkin dikarenakan materi tersebut sangat penting baginya. Maklum saja, materi tadi membahas tentang kandungan yang ada di pasta gigi. Selain itu, gurunya juga menceritakan bagaimana awal mulanya pasta gigi itu ada.

Berikut cerita singkat mengenai asal usul atau sejarah dikenalnya pasta gigi:

Sebelumnya Anda pasti telah menggunakan pasta gigi saat mandi ataupun menjelang tidur bukan? Hal itu dilakukan untuk selalu menjaga kebersihan gigi kita agar terhindar dari kerusakan. Di zaman sekarang ini cara menyikat gigi sangat mudah. Cukup siapkan sikat gigi dan pasta gigi.

Berbeda di zaman dahulu, jika ingin membersihkan gigi, Anda harus menggunakan bubuk bata atau juga bisa menggunakan batang kayu siwak. Jadi belum ada pasta gigi? Sebenarnya pasta gigi sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu pada saat peradaban Mesir Kuno. Masyarakat lokal di negeri itu membuat ramuan/formula untuk membersihkan gigi mereka. Tapi jangan kira ramuan/formula tersebut sama dengan pasta gigi sekarang.
Pasta gigi masyarakat Mesir Kuno merupakan campuran dari tepung, batu apung, debu dari cangkang telur yang dibakar dan kuku lembu jantan yang dihancurkan. Setelah jadi bentuknya menjadi bubuk. Bagaimana sikatnya? Dikarenakan sikat gigi belum ada, mereka menggosok bubuk tersebut menggunakan jari-jari tangan mereka.

pasta gigi yang seperti sekarang baru ditemukan sekitar abad ke 19. Pasta gigi tersebut sudah berbentuk krim. Perusahaan Colgate merupakan perusahaan yang memproduksi dan memasarkan pasta gigi tersebut. Perusahaan ini merupakan perusahaan asal Amerika Serikat.

Artikel Terkait



1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah baru tahu nih sahabat ... asal usulnya, nice post.

Posting Komentar

 
Copyright 2010 InfoKabayan